e-Warong PKH

Domain Murah

260 SDM PKH Kabupaten Kebumen mengikuti Capacity Building Pemberdayaan KPM

www.pkhkebumen.com -
Kebumen, 12 Juli 2019 - Capacity Building SDM PKH Kabupaten Kebumen
(Kebumen, 12 Juli 2019) Dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) Kabupaten Kebumen, Dinas Sosial Kabupaten Kebumen menyelenggarakan kegiatan Capacity Building yang ditujukan kepada  seluruh SDM PKH Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini diikuti olehKoordinator Kabupaten PKH, Pekerja Sosial Supervisor PKH, Administrasi Pangkalan Data dan seluruh Pendamping Sosial PKH Kabupaten Kebumen.

Kegiatan yang mengambil tema Pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini diadakan dari tanggal 9 Juli 2019 sampai dengan 10 Juli 2019 bertempat di Hotel & Resto Candisari, Kecamatan Karanganyar. Tujuan diadakan kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan SDM PKH tentang bagaimana cara melakukan pendampingan yang baik kepada KPM dan memberdayakan KPM melalui kegiatan usaha dengan cara menggali potensi sumber daya alam dari lingkungan sekitar.

Capacity Building yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka oleh dr. A. Dwi Budi Satrio, M.Kes selaku Kepala Dinas Sosial PPKB Kab. Kebumen. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa seorang Pemimpin harus punya VUCA:Vision, Understanding, Clarity dan Agility. Vision adalah sesuatu yang akan diwujudkan dimasa mendatang, Understanding adalah paham dengan perubahan dan menghadapinya dengan baik dan benar, Clarity adalah kemampuan melihat masa depan dengan jelas, Agilty yaitu kelincahan dalam menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat.Pendamping Sosial PKH merupakan pemimpin bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) jadi sudah seharusnya sebagai Pendamping Sosial PKH menerapkan jiwa VUCA.

Kegiatan pemberdayaan KPM ini diisi oleh 4 narasumber yaitu Heru Sunoto, M.P.S.Sp. selaku Pekerja Sosial Ahli Muda Bidang Linjamsos Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Arrizal, S.ST selaku Konsultan dan Pendamping BUMDes Regional Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Oktivia, A.Md selaku Koordinator PKH Kab. Banyumas dan Akhmad Sobirin selaku Pendamping Sosial PKH Kab. Banyumas.

Sekitar 260 peserta capacity building mengikuti kegiatan ini selama dua hari yang dibagi menjadi empat kelas.Setiap kelas diisi satu narasumber yang setiap harinya berganti dikelas lain, dengan tujuan agar peserta bisa mendapatkan wawasan yang berbeda-beda pada setiap narasumber.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghasilkan nota kesepahaman yang di bacakan oleh Suroso, S.Pd. M.Pd. selaku Kasie Linjamsos Dinas Sosial PPKB Kab. Kebumen
  • KUBE PKH merupakan salah satu cara yang tepat dalam mengentaskan kemiskinan
  • Pendamping sosial PKH Kab Kebumen berkewajiban membangun KUBE dimasing-masing kelompok dampingannya. Dengan langkah-langkah :

a.       Petakan potensi berbasis ABCD / MPA
b.      Kelola SDM dengan profesional (Capacity Building)
c.       Bangun jejaring sosial untuk mendukung hasil KUBE
d.      Kontroling dan Evaluasi dengan teknik 6 M (Men, Money, Methode, Materials, Machines, Market)
  • Dalam mendukung percepatan pengentasan kemiskinan di Kab. Kebumen, Pendamping diwajibkan membangun KUBE Baru minimal 1 KUBE yang berkelanjutan, dalam jangka waktu 2 bulan setelah pelatihan bimtek pemberdayaan
  • Pekerja Sosial Supervisor bersama Koordinator Kabupaten ikut memfasilitasi demi kelancaran pembentukan dan pengembangan KUBE tersebut.
  • Dinas Sosial PPKB Kebumen memberikan kebijakan yang mendukung adanya KUBE PKH dalam memberdayakan KPM PKH
  • Pembentukan team penguatan KUBE yang sudah berjalan (e-Warung PKH) yang nama-namanya ditunjuk oleh Peksos Supervisor dan Korkab

Diakhir acara kegiatan ini ditutup oleh Ika Kusuma Siswandari, SE. M.Kes selaku Kepala Bidang Linjamsos dalam sambutannya beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan capacity building ini, diharapkan seluruh SDM PKH bisa mengambil ilmu dari setiap narasumber dan dapat diterapkan di KPM dampingan masing-masing.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 PKH Kebumen - All Rights Reserved