e-Warong PKH

Domain Murah

Rapat Tim Koordinasi Teknis PKH Kecamatan Tahun 2017

www.pkhkebumen.com
Kecamatan Karanganyar dan Buayan menjadi Kecamatan pertama sebagai tempat untuk pelaksanaan Rapat Tim Koordinasi Teknis Kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 10-12 Oktober 2017 secara bergantian untuk 26 Kecamatan di Kabupaten Kebumen. Dalam kesempatan ini hadir dari unsur Camat, Sekcam, Kasi Kesos, Koordinator Kecamatan, Kepala Desa, UPT Pendidikan dan Puskesmas. Rapat ini dilaksanakan guna mensosialisasikan kebijakan terbaru terkait Program Keluarga Harapan di Tahun 2017, selain itu juga sebagai sarana untuk komunikasi maupun diskusi seputar pelaksanaan Program Keluarga Harapan di masing-masing Kecamatan. Dalam kesempatan ini beberapa pertanyaan yang muncul dari Kepala Desa lebih kepada adanya Inclussion Error dan Exclussion Error, bagaimana caranya agar adanya permasalahan tersebut bisa dicarikan solusi. Bapak Tri Mujianto, S.Sos, M.Si Kabid Linjamsos Dinsos PPKB Kabupaten Kebumen menyampaikan bahwa terkait Inclussion Error bisa dilakukan perbaikan melalui mekanisme Musyawarah Desa dan kemudian hasil Musdes dituangkan dalam berita acara untuk disampaikan kepada Pendamping PKH agar dilakukan pemutakhiran data. Sedangkan  untuk Exclussion Error  tidak bisa dilakukan penambahan secra langsung maupun tambal sulam, dikarenakan data PKH bersumber langsung dari Kementerian Sosial, namun beliau menyampaikan untuk di Tahun 2018 akan dilaksanakan MPM (Mekanisme Pemutakhiran Mandiri) dimana MPM ini untuk memfasilitasi penduduk miskin dan kurang mampu agar dapat mendaftarkan diri secara aktif (on demand application) dan diverifikasi secara obyektif serta didaftarkan dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin. Melalui pelaksanaan MPM, pemutakhiran Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dapat dilakukan secara lebih dinamis dan, kemudian, kesalahan eksklusi (exclusion error) dalam penargetan program perlindungan sosial dapat diminimalkan.

Konsep Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (sumber : Buku Pedum MPM)

Menutup acara kegiatan Rapat dilaksanakan penandatangan Nota Kesepakatan dari peserta rapat untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Camat, UPT Pendidikan, UPT Kesehatan/Puskesmas dan Perwakilan Kepala Desa. Semoga dengan adanya acara rakor ini semakin meningkatkan kerjasama dan komunikasi yang lebih baik sehingga pelaksanaan bisnis proses PKH di Kabupaten Kebumen Umumnya dan di wilayah kecamatan masing-masing khususnya dapat berjalan sesuai harapan pemerintah.








Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 PKH Kebumen - All Rights Reserved