e-Warong PKH

Domain Murah

Anggaran PKH Rp 5,3 Triliun untuk 3,5 Juta Keluarga Miskin

www.pkhkebumen.com
Program Keluarga Harapan (PKH) mesti terintegrasi dengan pengentasan kemiskinan di provinsi dan kabupten/kota. Dengan terintegrasinya penanganan mendorong penurunan jumlah warga miskin di Indoensia.

Dari 5 persen jumlah warga miskin, bisa dintervensi melalui PKH, rumah tidak layak menjadi layak huni, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), raskin dan KUBE.

“Terintegasinya penanganan tersebut, menjadikan 5 persen warga miskin lima tahun ke depan optimis bisa diturunkan, ” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKH di Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Anggaran PKH Rp 5,3 triliun bagi 3,5 juta keluarga miskin dengan bantuan tetap Rp 300 per tahun. Bagi ibu yang memiliki balita Rp 1 juta per tahun, untuk yang memiliki anak SMA Rp 1 juta per tahun, SMP Rp 800 ribu per tahun dan anak SD Rp 500 per tahun.

Pada April APBN-P turun, Kemensos menyiapkan 500 ribu penerima KKS baru yang di dalamnya terdapat program KIS, KIP yang dikuatkan melalui PKH.

“Untuk keluraga miskin yang mendapatkan dua program secara terintegrasi, dalam lima tahun sudah bisa mandiri dan lepas dari jerat kemiskinan, ” ujarnya.

Akhir Desember, Kemensos mengirimkan compact disk (CD) untuk supporting data ke daerah. Namun, daerah memahaminya lain, sehingga yang dikirim adalah penambahan data kemiskinan baru.

“Validasi data program penanggulangan kemiskinan untuk PKH, KKS dan Raskin di Kemensos. Sedangkan, pendataan merupakan tugas Badan Pusat Statistik (BPS),” katanya.


Validasi data 2015 bisa dilakukan melalui Musyawarah Desa (Musdes) dan Musyawarah Kelurahan (Muskel) yang bisa menjadi pintu masuk untuk validasi data.

Selain itu, perspektif kultural terkait kemiskinan perlu juga disosialisasikan segenap kepada warga dan harus diubah bahwa kemiskinan agar tidak menjadi kebanggaan bagi para penerima PKH, Rutilahu, raskin dan KKS.

“Mengubah perspektif kultur agar tidak menjadikan kemiskinan sebagai kebanggaan merupakan wujud dari revolusi mental dan karakter bangsa, ” tandasnya.

Kemensos mentargetkan validasi data di kecamatan yang bisa menjadi center of excellent untuk penanganan kemiskinan. Sedangkan, BPJS akan melakukan pembaruan data setiap tiga bulan sekali.

Oleh : Tim Publikasi dan Pemberitaan Biro Humas
URL : http://www.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=18507
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 PKH Kebumen - All Rights Reserved