e-Warong PKH

Domain Murah

Pendamping Sebagai Ujung Tombak

www.pkhkebumen.com
Program Keluarga Harapan yang telah digulirkan sejak tahun 2007 tidak saja memberikan kebahagiaan untuk peserta PKH yang terdiri dari Keluarga Sangat Miskin (KSM). Pada pelaksanaan program PKH, terdapat sekelompok pahlawan yang berjasa dalam kesuksesan program. Mereka inilah yang disebut sebagai “pendamping”. Berdasarkan data UPPKH pusat, saat ini terdapat 11.010 pendamping dan operator yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah pendamping disesuaikan dengan jumlah peserta PKH yang tercatat di setiap kecamatan. Sebagai acuan, setiap pendamping akan mendampingi antara 150 sampai dengan 500 RTSM/KSM peserta PKH sesuai dengan kondisi geografis di setiap daerah. Selanjutnya setiap kecamatan yang memiliki pendamping lebih dari satu orang terdapat seorang koordinator. Jumlah rasio pendamping dapt berubah sesuai dengan perkembangan yang ada.

Pendampingan terhadap KSM dibutuhkan mengingat KSM pada umumnya memiliki keterbatasan kemampuan dalam memperjuangkan haknya. Untuk itu kehadiran pendamping dibutuhkan guna membantu mereka dalam memperoleh hak yang selayaknya mereka terima dari PKH. Selain untuk kepentingan peserta, pendamping memiliki tugas pokok antara lain melakukan validasi, pertemuan bulanan dan verifikasi. Tugas pokok ini untuk membantu tugas-tugas Unit UPPKH (Usaha Pelaksana Program Keluarga Harapan) dalam mendeteksi segala permasalahan dan melakukan tindak lanjut dalam waktu cepat dan tepat.

(ika M/pkh.kemsos)
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 PKH Kebumen - All Rights Reserved